Minggu, 03 April 2011

Bahan-bahan yang sering dipakai dalam masakan china


Membeli rempah-rempah <---- KLIK

Acar Szechuan
Acar asin ini dibuat dari sawi, cabai serta mustard dan mengandung rasa yang tajam. Acar ini dijual botolan atau kalengan.

Arak China
Banyaklah macam arak dari tape. Shao Hsing dan Sake Jepang adalah dua arak yang banyak penggemarnya. Keduanya dapat saling mengganti. Kalau arak tidak ada, dry sherry dapat digunakan.

Bumbu Five-Spice
Inilah campuran bumbu yang terdiri atas kayu manis, cengkeh, kepulaga, adas dan lada. Bumbu ini bisa digunakan untuk masakan daging atau unggas.

Jamur Hioko
Inilah jamur dari Timur yang biasa tumbuh pada kayu Ek dan pohon Shii. Jamur ini dijual kering dan harus direndam dalam air panas dahulu. Jamur ini mahal harganya, tetapi pemakaian sedikit saja sudah memberikan rasa khas yang dikehendaki.

Jamur Kuping
Bahan ini mempunyai banyak nama, seperti cloud ear, wood ear, snow fungus, sea jelly atau jelly sheet. Bahan ini sebenarnya jamur yang dikeringkan, yang kalau direndam dalam air akan mengembang menjadi seperti cuping telinga. Jamur ini tidak mempunyai rasa penyedap makanan, dan digunakan hanya untuk menambah tekstur makanan.

Kecap Asin
Ada dua macam: kecap asin berwarna gelap dan kecap asin berwarna terang. Keduanya digunakan untuk memberi rasa khas bagi hampir segalam makanan China. Kecap asin gelap lebih kental dan rasanya lebih kuat, sedangkan yang berwarna terang lebih encer dan kurang kuat dalam memberi rasa.

Kapulaga
Buah berbiji delapan ini mengandung bau dan rasa adas. Bahan bumbu ini dapat dibeli adlam bentuk bubuk atau utuh.

Maltose
Bahan seperti sirop gula ini hasil fermentasi jelai atau padi-padian sejenis. Dalam masakan, bahan ini dapat diganti madu atau sirop jagung.

Minyak Jelantah
Inilah minyak bekas menggoreng paling sedikit satu kali dan karen itu baunya lebih harum daripada minyak goreng baru. Jika anda ingin menggunakan minyak baru, panaskan dahulu hingga berasap sebelum memakainya.

Minyak Wijen
Minyak beraroma ini dibuat dari biji wijen. Minyak ini mempunyai rasa khas dan digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Minyak wijen merupakan bahan yang sangat penting dalam beberapa saus.

Saus Cabai
Saus ini dibuat dari cabai dan cuka, karenanya sangat pedas dan tajam rasanya. Saus ini mudah diperoleh. Orang menggunakan saus ini untuk memberikan rasa khas pada berbagai masakan China yang sedap rasanya.

Saus Hoisin
Saus berwarna cokelat kemerahan ini dibuat dari kacang keledai, garam, cabai, gula, bawang putih, cuka, dan terigu. Rasanya manis tajam. Saus ini dapat dipakai untuk masakan atau disajikan begitu saja untuk celupan daging, dan sebagainya.

Saus Keledai Hitam
Saus ini dapat dibeli jadi, tetapi dapat juga dibuat sendiri dari 3-4 sdm keledai hitam yang dikukus, dicampur dengan 2 sdm minyak dan 2 sdm gula hingga menjadi pasta.

Saus Tiram
Saus yang khas ini dibuat dari kecap dan tiram yang difermentasikan bersama.

Sawi China
Ada dua varietas utama, Pak-choy dan Choy-sum. Bahan ini tersedia di supermarket, pasar sayuran, adn toko bahan masakan China. Sawi putih ada di kebanyakan supermarket. Semua ini dapat diganti dengan sawi biasa.

Seledri China
Tumbuhan yang juga dikenal sebagai cilantro segar ini berasal dari India. Pemakaiannya sebagai penyedap masakan dan hiasan. Daunnya yang pipih mengandung rasa yang tajam dan tidak ada pada seledri dari Barat.

Water Chestnut
Inilah batang tanam air yang berbentuk umbi. Rasanya agak manis dan renyah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar